agung

Remaja Ternyata Cuma Pura-pura Cuek…!!!

Posted on: 7 Mei 2010


Ada beberapa anggapan bahwa remaja saat ini tidak peduli dengan omongan dan anggapan orang-orang disekitarnya. Ternyata tidak benar, karena di balik kecuekannya sebenarnya remaja sangat peduli dengan anggapan orang.

Meskipun para remaja tersebut tidak ingin mengakuinya, tapi apa yang orang lain pikirkan mengenai dirinya menjadi sangat penting bagi para remaja tersebut.

Penelitian sebelumnya mengatakan bahwa remaja sangat sensitif terhadap persepsi orang lain dari remaja seusianya yang dapat diandalkan informasinya, tapi peneliti percaya bahwa ini adalah bagian dari aktivitas otak dalam menjawab pertanyaan.

Menggunakan teknologi pemetaan otak, para peneliti memeriksa aktivitas saraf dari 12 remaja berusia 11 tahun sampai 13 tahun dan 12 dewasa muda yang berusia 22 tahun sampai 30 tahun yang menanyakan ‘Apakah saya populer?’. Ditanyakan juga mengenai siapa yang dipercaya oleh remaja dan dewasa muda tersebut, seperti teman sekelas, sahabat atau orang tua.

Hasilnya menunjukkan bahwa anak remaja lebih memungkinkan melihat dirinya sendiri dari apa yang orang lain katakan mengenai kemampuan dan segala hal yang remaja tersebut lakukan. Beberapa orang memiliki pengaruh lebih dibandingkan yang lain sendiri-sendiri, seperti anggapan ibu-ibu lebih mempengaruhi tentang kemampuan akademis sang remaja sedangkan teman-teman seusianya lebih mempengaruhi kehidupan sosialnya.

“Penemuan ini memberikan bukti yang membenarkan bahwa remaja sangat sensitif tentang apa yang orang lain pikirkan, terutama pengaruh orang tua dan teman-teman seusianya,” ujar Jennifer H. Pfeifer asisten profesor psikologi di University of Oregon, seperti dikutip dari HealthDay, Rabu (12/8/2009).

Pfeifer menambahkan yang lebih penting lagi bahwa perspektif orang-orang disekitarnya bisa sangat mempengaruhi perkembangan para remaja tersebut. Akibatnya remaja yang tidak memiliki keterampilan sosial yang baik akan menghadapi kendala yang signifikan.

Dampingi selalu putra dan putri yang masih berusia remaja, agar tidak terpengaruh oleh hal-hal yang bisa membahayakan. Karena faktor lingkungan sangat mempengaruhi perkembangannya.

http://narutosakti.blogspot.com/search?q=dewasa&x=0&y=0

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: