agung

Anak Bandel Lebuh Lama Tidur dan Lebih Cerdas

Posted on: 11 Mei 2010


Jakarta, Anak aktif dan ‘bandel’ lebih susah tidur? Siapa bilang? Sebuah penelitian membuktikan bahwa mereka yang aktif di siang hari akan lebih gampang tertidur lelap pada malamnya.

Studi ini membenarkan mitos para orang tua yang percaya bahwa anak akan lebih cepat tertidur lelap di malam hari jika siangnya melakukan aktivitas yang melelahkan.

Dengan melibatkan sekitar 500 anak-anak, diketahui bahwa anak yang lebih sering duduk setiap jamnya membutuhkan watu tiga menit lebih lama untuk menutup matanya.

Archives of Disease in Childhood pun menemukan hal yang sama, dimana anak yang membutuhkan waktu lama untuk tidur pada malam harinya ternyata tergolong anak yang tidak terlalu aktif.

Para ahli dari Monash University Melbourne dan University of Auckland mencoba meneliti kebenaran ini dengan mengambil responden sebanyak 519 anak yang berumur 7 tahun.

“Kebanyakan anak tertidur dalam waktu 45 menit, dan mereka yang tergolong aktif hanya membutuhkan waktu 26 menit,’ ujar seorang ahli, seperti dikutip BBC, Jumat (24/7/2009).

Anak-anak yang melakukan kegiatan aktif di siang hari cenderung tertidur cepat dan tidur lebih lama. Ternyata hal ini justru baik untuk kesehatan anak.

Anak dengan jam tidur yang pendek berpotensi memiliki masalah obesitas dan kemampuan kognitif. Untuk itu, para ahli mengingatkan bahwa tidur yang cukup dan sehat sangat penting untuk anak.

Studi ini menunjukkan pentingnya aktivitas fisik bagi anak-anak, bukan hanya sebagai olahraga untuk kesehatan jantung dan mengontrol berat badan, tapi juga untuk kesehatan tidur.

Mereka juga berhasil mematahkan anggapan bahwa anak yang ‘bandel’ dan aktif membutuhkan waktu lebih lama untuk tidur karena tidak bisa diatur.

Mandy Gurney, pendiri Children’s Sleep Clinic Millpond pun menyebutkan bahwa studi ini juga sangat berguna untuk mengetahui bahwa olahraga bagi anak sangat penting untuk tidurnya.

Namun aktivitas bukan satu-satunya penentu anak lebih cepat tidur. yang paling penting adalah rutinitas sebelum tidur. Anak membutuhkan keadaan yang tenang sebelum tidur.

“Mandi dengan air hangat tidak lebih dari 10 menit, membacakan cerita dan langsung menidurkannya di kamar dalam keadaan gelap bisa membuatnya tertidur lelap,” ujar Mandy.

http://narutosakti.blogspot.com/2009/07/anak-bandel-paling-gampang-tidur-dan.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: