agung

Kiat Mencegah Ketombe

Posted on: 11 Mei 2010



Ketombe bisa menyerang siapa saja tidak peduli perempuan atau laki-laki. Ketombe tidak hanya menimbulkan gatal dikulit kepala tapi juga bisa mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Penyebab ketombe dari luar adalah karena kondisinya seperti penggunaan perawatan rambut yang kurang tepat atau kurang bersihnya keadaan kulit kepala.

Adanya jamur yang berkembang di kepala akan menjalar hingga ke kulit kepala dan membutuhkan perawatan rambut khusus yang efektif untuk meminimalisisr atau mengontrol ketombe. Meskipun beberapa shampoo anti ketombe telah ditemukan, tapi tidak ada yang bisa mengobati kondisi kulit kepala. Shampoo tersebut hanya untuk meminimalkan dan mengontrol.

Kulit kepala yang berminyak bisa mengembangkan ketombe. Kulit kepala yang berminyak merupakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan Pityroporum ovale yaitu jamur yang menyebabkan ketombe. Selain masalah kulit kepala yang berminyak, ketombe juga bisa muncul jika sedang mengalami stres, seperti dikutip dari Hair and Skin Care, Rabu (29/7/2009).

Untuk perawatan ketombe bisa menggunakan shampoo tradisional untuk ketombe yang mengandung asam salisilat, selenium sulfida, zink pyrithione, ciclopirox atau ketoconazole. Komponen ini bisa mengurangi keberadaan jamur pada kulit kepala.

Ketika menggunakan shampo tersebut biarkan berada di kulit kepala lebih lama daripada shampo biasa. Basahi rambut dan aplikasikan shampoo tersebut ke kulit kepala sambil dipijat. Biarkan shampoo meresap ke kulit kepala selama 10 menit setelah itu dibilas hingga bersih.

Selain itu, bisa juga menggunakan shampoo herbal. Shampoo ini untuk mengurangi iritasi atau kemerahan yang disebabkan oleh ketombe. Shampoo ketombe herbal ini biasanya mengandung ekstrak eucalyptus dan aloe, formula ini bagus untuk kulit kepala dan rambut serta bisa digunakan setiap hari.

Tidak ada resep pasti dan cepat untuk mencegah ketombe. Penggunaan shampoo anti ketombe secara teratur bisa menjaga kondisi kulit kepala tetap terkontrol. Terlalu sering terkena panas atau menggunakan pengering rambut sebaiknya dihindari untuk mencegah masalah ketombe.

Berikut beberapa tips untuk mengatasi ketombe:

1. Sisirlah rambut setiap hari untuk memperlancar sirkulasi darah, dan pijat kulit kepala sebelum atau sesudah menyisir.
2. Jaga kulit kepala tetap bersih. Bisa dengan memijat kulit kepala menggunakan minyak kelapa selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.
3. Ubah pola makan. Perbanyaklah mengkonsumsi buah, biasakan mengkonsumsi buah setiap hari dan mengurangi makanan yang berminyak.
4. Cuci rambut dengan campuran air dan satu sendok teh jus lemon setelah selesai menggunakan shampoo, untuk mencegah ketombe dan membuat rambut berkilau.
5. Cobalah melakukan perawatan malam hari. Pijat kulit kepala dengan baby oil sebelum tidur lalu tutup dengan handuk, pagi harinya bilas dengan shampoo alami.
6. Bisa juga dengan menggunakan campuran satu sendok makan minyak zaitun dan satu sendok teh jus lemon yang dipijatkan ke kulit kepala sebelum tidur, lalu tutup dengan handuk dan bilas keesokan harinya dengan shampo alami.
7. Rileks dan berikan tidur yang cukup.

Jika telah melakukan perawatan tersebut tapi ketombe tetap muncul, maka segera konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui pasti penyebab dari ketombe dan diberikan penanganan yang tepat.

Jika Anda melihat serbuk putih pada rambut Anda, bisa jadi itu ketombe. Ketombe (Pityriasis capitis) bisa disebabkan oleh tidak bersihnya kondisi kulit kepala karena sisa-sisa produk rambut yang masih tertinggal misalnya, atau disebabkan oleh jamur.

Ketombe yang disebabkan oleh jamur adalah yang tergolong cukup parah. Jika rasa gatal yang menyertainya cukup hebat, bisa mengarah ke eczema (penyakit kulit yang dapat menyebabkan kulit merah, kasar disertai bintil-bintil air yang terasa gatal). Jika sudah begitu, ketombe tidak hanya ‘bercokol’ pada kulit kepala, namun akan menyebar ke alis, dahi, telinga bahkan punggung.

Untuk itu, Anda bisa mencoba tips berikut untuk mengatasi ketombe serta menghentikan penyebarannya:

· Awali dengan langkah mudah yaitu menggunakan sampo anti ketombe secara teratur.

· Ketombe itu menyebar dan menular. Hindari meminjamkan sisir pada teman Anda agar mereka tidak tertular. begitu juga sebaliknya.

· Jaga barang-barang pribadi Anda agar senantiasa dalam keadaan bersih, seperti sisir, handuk dan sarung bantal.

· Jaga agar kulit kepala dan rambut tetap bersih. Cucilah rambut secara teratur dan lakukan pemijatan pada kulit kepala dengan minyak kelapa hangat 2 X seminggu.

. Kurangi mengonsumsi makanan yang digoreng, makanan instant, gula dan coklat dan perbanyak mengonsumsi nutrisi yang mengandung zinc.

· Pilihan terakhir, jika sudah tidak dapat ditolong dengan cara-cara diatas, hubungi dokter kulit Anda.

http://narutosakti.blogspot.com/2009/07/kiat-mencegah-ketombe.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: