agung

Obat Kumur Bisa Atasi Ketombe

Posted on: 13 Mei 2010



Masalah ketombe kadang mengganggu, meski sebetulnya mudah diatasi dengan obat kumur.

Salah satunya dengan Listerine, bahan yang diformulasikan oleh Dr. Joseph Lawrence pada tahun 1879 sebagai antiseptik untuk pembedahan. Dalam advertorial majalah Popular Science edisi Mei 1930, terang-terangan diklaim bahwa Listerine mampu mengatasi ketombe.

Dalam advertorial tersebut dikatakan, cara pemakaian Listerine cukup dengan mengusapkannya ke kulit kepala kemudian dipijat dengan gerakan memutar. Ulangi selama beberapa hari, tambahkan minyak zaitun jika kulit kepala terlalu kering.

Konon produk Listerine yang paling ampuh mengusir ketombe adalah versi original (warna kuning), yang kemampuan melumpuhkan jamurnya paling tinggi. Tentunya harus dipastikan kulit kepala bersih dan bebas luka.

Tips tersebut cukup masuk akal mengingat sebagian besar ketombe dipicu oleh jamur dan berbagai mikroba lainnya. Obat kumur bisa mengatasi karena mengandung thymol dan metil salisilat sebagai antiseptik dan alkohol sebagai antimikroba.

Sedangkan untuk mencegah, jangan berlebihan menggunakan kondisioner sebab sisa nutrisi yang tertinggal di kulit kepala bisa memicu ketombe. Karena itu lebih disarankan memilih kondisioner terpisah daripada shampo dan kondisioner dalam satu kemasan.

Selain itu, mengonsumsi sayur dan buah-buahan secara rutin juga baik untuk pencegahan ketombe. Berbagai kandungan nutrisi pada makanan tersebut dapat menjaga kulit kepala tetap sehat.

Jika dirasa perlu, suplemen yang mengandung vitamin B dan E serta zink juga baik untuk dikonsumsi. Sementara yang harus dihindari antara lain adalah makanan pedas.

Sekali waktu melakukan aktivitas di luar ruangan juga sangat disarankan. Sinar matahari yang cukup diyakini dapat mencegah munculnya ketombe.

Terakhir, hindari stres karena bisa menurunkan kondisi kesehatan secara umum. Ketombe mudah sekali muncul pada kondisi tersebut.

http://narutosakti.blogspot.com/2010/05/obat-kumur-bisa-mengatasi-ketombe.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: