agung

Tips Cara Hemat BBM Bahan Bakar Sepeda Motor, Mobil, Bis, Angkot, Dll

Posted on: 20 Mei 2010


Setiap orang bijak dan hemat pasti ingin irit dalam penggunaan bahan bakar minyak yang harganya cukup mahal bagi masyarakat golongan menengah ke bawah. Memang kalau kita hitung sekarang tidaklah seberapa, namun jika kita hitung dalam jangka waktu 10 tahun atau lebih mungkin kita bisa kaget dengan angka penghematan yang bisa kita lakukan. Selama kita bisa berhemat bbm kenapa tidak, toh dengan itu kita bisa membantu mencegah pemanasan global.

Beberapa Solusi Jitu Cara Untuk Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) Kendaraan Bermotor :

1. Gunakan Kendaraan Bermotor Seperlunya

Gunakan mobil, motor, bajaj dan sebagainya secara bijaksana. Untuk jarak dekat sebaiknya jalan kaki saja atau naik sepeda kayuh biasa. Jika bepergian jauh sendiri atau berdua sebaiknya gunakan sepeda motor. Jika ada kenalan yang bawa kendaraan dan sejalur sebaiknya nebeng saja.

2. Hindari Jalan Macet

Menghindari macet dengan mempelajari jalan-jalan utama dan alternatif yang ada serta memantau kondisi jalan melalui alat komunikasi, gps atau media massa.

3. Rawat Dengan Baik Kendaraan Anda

Secara rutin biasakanlah service berkala di tempat yang resmi atau terpercaya agar kondisi mesin dan fisik kendaraan tidak membuat boros penggunaan bbm. Rajin service berkala, melumasi kendaraan, mencuci kendaraan, menjaga tekanan angin ban, dan sebagainya bisa membantu kendaraan berjalan maksimal yang hemat bahan bakar.

4. Jangan Aktifkan Fasilitas Kendaraan Yang Tidak Perlu

Biasanya pemakaian ac, musik, tv, radio, dvd dan lain-lain turut serta dalam mengurangi bahan bakar minyak yang ada. Untuk itu selama berkendara jangan banyak menggunakan fasilitas yang butuh energi dari bbm. Berangkat bepergian sebaiknya saat malam hari atau subuh agar tidak perlu memakai ac atau dipaksakan buka jendela agar tidak perlu menyalakan ac.

5. Hindari Kebiasaan Buruk Yang Boros BBM

Saat mengisi bahan bakar sebaiknya lakukan di pagi hari agar tidak banyak bbm yang menguap karena panas. Ketika menyalakan kendaraan sebaiknya waktu pemanasan 2 sampai 3 menit saja jangan terlalu lama agar tidak banyak bahan bakar yang terbuang percuma. Pada saat mengendarai kendaraan sebaiknya jangan terlalu dalam menginjak gas atau memutar gagang gas, hindari sering membuat suara nyaring, berkendaralah biasa saja namun cepat agar bisa hemat bbm.

6. Memakai Alat Tambahan Penghemat Bahan Bakar Minyak

Saat ini ada zat additive (tambahan) untuk kendaraan anda agar bisa lebih hemat bahan bakar. Tidak ada salahnya dicoba jika sudah banyak orang lain yang pakai dan berhasil. Ada juga yang bentuk perangkat tambahan untuk membantu pembakaran agar lebih efisien.

Sekian tips dan trik dari organisasi.org, semoga bermanfaat bagi kita semua.

http://organisasi.org/tips-cara-hemat-bbm-bahan-bakar-sepeda-motor-mobil-bis-angkot-dll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: