agung

Tips Cara Memperbaiki/Menyambung Uang Yang Sobek/Robek dan Rusak

Posted on: 20 Mei 2010


Sungguh menyebalkan jika kita secara tidak sengaja membuat uang kertas yang kita miliki menjadi sobek karena berbagai sebab. Terkadang juga kita mendapati uang yang hampir sobek terbelah menjadi dua atau lebih bagian. Kalau kita tidak bisa menolak uang yang berkualitas jelek tersebut, terpaksa kita harus mencari orang yang mau menerima kondisi uang tersebut apa adanya atau memperbaikinya agar uang terlebut lebih laku dalam transaksi.

Berikut adalah beberapa cara memperbaiki/menyambung uang yang robek :

1. Cara Solasi / Isolatip Transparan

Sambung uang yang terbelah menjadi beberapa bagian tersebut dengan memakai solasi kecil. Rebahkan uang yang telah disusun ulang di meja atau lantai, kemudian tempelkan solasi pada bagian yang robek tersebut. Usahakan yang rapi dan mempergunakan isolasi yang bening agar hasilnya bagus.

2. Cara Menyambung Dengan Lem Kertas

Cara perbaikan kedua yaitu dengan memakai lem kertas yang banyak dijual di toko-toko, namun cara ini kurang bagus karena ada bagian uang yang harus menempel dengan bagian lain sehingga ukuran uang akan berkurang. Caranya menyambungnya yaitu dengan mengolesi ujung bagian yang sobek, lalu tempel bagian sobek lainnya agar menyatu.

3. Cara Steples dengan Stepler (Hecmasin)

Cara penyambungan uang ini tidak direkomendasikan karena akan ada bagian yang kaku dan mungkin tajam sehingga sulit untuk dilipat-lipat dan uang akan jadi bolong walaupun lubangnya kecil. Cara ini memang paling praktis namun hasilnya sangat jelek. Sebaiknya cara ini dipakai jika uangnya sobek setengah dengan satu kali jepret steples saja ukuran paling kecil.

4. Sambung Uang Sobek Dengan Putih Telur

Caranya adalah siapkan telur ayam lalu pecahkan dan letakkan di mangkuk yang bersih. Kemudian oleskan sedikit putih telur pada bagian yang robek pada satu bagian uang, lalu rekatkan bagian yang lain pada bagian yang sobek dengan teliti dan benar. Setelah disambung biarkan sambungan uang tersebut kering dengan meletakkan uang di tempat hangat seperti di atas tv, komputer atau laptop yang menyala. Tunggu beberapa saat sampai kering.

5. Memakai Nasi Untuk Menyambung Uang

Cara penyambungan uang ini lumayan aneh tetapi bisa dilakukan untuk sementara, yaitu dengan cara mengoleskan sedikit nasi yang matang lengket (dua atau tiga butir nasi mateng besar). Setelah nasi dilumatkan di bagian yang sobek segera tempel dengan bagian lain lalu rapikan dan tunggu sampai kering lalu lihat hasilnya.

Selamat mencoba semoga berhasil.

kata gue

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: