agung

Fakta dibalik Mengkonsumsi Telur

Posted on: 25 November 2012


Gambar

 

Telur,,,!! siapa sih yang tidak kenal telur, hampir setiap hari kita makan makanan berbahan dasar telur, Telur  memang mengandung kolesterol yang cukup tinggi, 213 miligram per butir. Karena itu, makanan sumber protein ini sebelumnya pernah dinyatakan sebagai penyebab utama penyakit jantung. Pada faktanya, kolesterol dari makanan bukanlah penyebab utama penyumbatan arteri, tapi lemak jenuh dan lemak trans.

Risiko penyakit jantung dari sarapan sehat satu ini lebih disebabkan oleh campurannya, khususnya mentega, yang mempunyai kandungan lemak jenuh lebih tinggi dibandingkan telur itu sendiri. Karena itu, Anda bisa menekan jumlah lemak jenuh dengan mengkonsumsi telur rebus.

Para pakar menyatakan bahwa telur mengandung nutrisi sehat dan secara umum aman jika dibatasi satu butir sehari. Selain itu, cobalah mengurangi kolesterol dari makan lainnya, seperti daging. Anda sebaiknya mengkonsumsi tidak lebih dari 300 miligram kolesterol per hari.

Berikut beberapa fakta menarik seputar telur:

– Cegah gangguan penglihatan. Kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang membantu mencegah macular degeneration, penyebab utama kebutaan. Macular degeneration merupakan gangguan penglihatan di pusat penglihatan (macula) akibat kerusakan retina.

– Telur mengandung bakteri salmonella. Karena itu, ada baiknya menghindari produk yang mengandung telur mentah, termasuk milkshake dan adonan kue. Untuk memastikan telur bebas dari bakteri, masaklah di suhu 160 derajat sebelum di konsumsi.

– Kolesterol hanya terdapat dalam kuning telur, bukan di putih telur.

– Telur merupakan sumber yang baik untuk mendapatkan protein, besi, dan seng. Akan tetapi, telur kurang kandungan serat.

– Sebutir telur menyediakan 12 persen (6 gram) dari rekomendasi protein harian Anda.

– Noda hijau pada telur yang telah direbus tidak berbahaya dan bukan pertanda keracunan bakteri.

– Semakin segar telur, semakin sulit dikupas.

– Sebutir telur mengandung sekitar 75 kalori.

– Kandungan choline dalam telur berfungsi mendukung perkembangan otak dan memori pada janin serta orang dewasa.

– Telur mengandung vitamin A, B12, D dan E, tapi tidak mengandung vitamin C.

The National Academy of Sciences menganjurkan bahwa perempuan hamil sebaiknya mengkonsumsi 450 gram choline per hari. Jumlah ini setara dengan dua butir telur. Satu butir telur, termasuk kuning telur, mengandung sekitar 250 miligram choline.

Sumber Nutrisi yang Baik Ada pada Telur

Satu butir telur berukuran besar mengandung 6.25 gram protein, 75 kalori dan 13 vitamin essensial, juga mengandung mineral. Sebagian besar protein ada di dalam putih telur, sementara vitamin, mineral dan lemaknya terkadung di dalam carotenoid atau pigmen kuning yang ada pada kuning telur. Selain itu, kuning telur juga mengandung kolesterol.

Cara terbaik menikmati telur :

– Menikmati telur mata sapi, omelet atau frittata (omelet Italia dengan sayuran dan daging yang dipotong dadu)

– Campur telur dengan campuran dari tuntunan piramida makanan (Food Guide Pyramid) untuk membuat berbagai macam makanan.

– Mengkombinasi telur dengan sisa sayuran, pasta atau ayam agar makanan menjadi lebih kreatif dan mudah, tidak mahal dan penuh nutrisi

– Menggoreng telur jangan terlalu matang. istilah kerennya telur setengah matang

Hilangkan Resiko Penyakit Food-Bourne.
Foodborne adalah penyakit yang disebabkan karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang tercemar. Dalam situs Agrinews Online, Foodborne disease disebabkan oleh berbagai macam mikro organisme atau mikroba patogen yang mengkontsaminasi makanan, jadi terdapat bermacam-macam infeksi foodborne disease.

Selain itu, zat kimia beracun, atau zat berbahaya lain dapat menyebabkan foodborne disease jika zat-zat tersebut terdapat dalam makanan. Makanan yang berasal baik dari hewan maupun tumbuhan dapat berperan sebagai media pembawa mikro organisme penyebab penyakit pada manusia.

Untuk mencegah food bourne saat hendak mengkonsumsi telur, baiknya:

– Cuci tangan sebelum dan sesudah memegang telur mentah

– Pisahkan telur mentah dari makanan lainnya, khususnya dari makanan yang tidak perlu dimasak- Simpan telur di dalam kardus karton di tempat yang paling dingin di lemari es

– Masak telur dan menghidangkannya dengan segera, ketika masak telur harus pada suhu 160 derajat Fahrenheit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: